Minggu, 24 Desember 2017

Bahagiaku Kalian

24 Desember 2017

Akhir tahun ini, aku merasa aku lebih bermanfaat dan lebih bahagia dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Mungkin, nanti saat aku ceritakan apa yang terjadi, bagi kalian mungkin biasa saja. Pengalaman yang "hah, apasih alay". Ya tapi kembali ke diri masing2, karena ini aku mbandingin dengan aku pada tahun sebelumnya. Hehe

Dua atau tiga tahun yang lalu, aku pernah berinteraksi dengan anak didik TPA baru yang mengalami tunarungu. Yaaa cukup membuatku menangis, tapi tidak di depan mereka. Menangis ku adalah tangisan haru, bukan kesedihan. Mengapa? Karena dia berteman dengan teman yang cukup baru dengan bahagia. Aku bangga dengan anak-anak didikku yg sudah lebih dulu darinya. Mereka tidak saling merendahkan, tidak mengejek. Mereka berteman! Yang lebih membuatku terharu adalah MEREKA INGIN BELAJAR memahami anak baru itu. Sungguh, air mataku tak sanggup ku tahan.

Saat kuajari dia berwudhu, dia cukup cepat menangkap apa yang aku lakukan. Aku hanya berkata "yuk kita berwudhu" dan kemudian aku tersenyum. Kami berdiri pada kran yang berbeda. Aku berwudhu, dan dia menirukanku. Betapa bangganya aku. MasyaAllah😍

Akhir-akhir ini, aku diajak mengajar TPA pada lokasi yang berbeda. Dan aku pun dikejutkan lagi dengan seorang yang berkebutuhan khusus, yaitu tunagrahita. Sungguh, tantangan tersendiri bagiku. Cukup dini bagiku untuk melatihnya. Tapi inilah yanh harus kuhadapi. Awalnya aku menyerah, entah dengan cara apalagi agar dia memahami maksudku. Tapi ternyata aku sadar bahwa aku terlalu egois apabila pemikiranku seperti itu. Mengajarinya ngaji, penuh dengan kesabaran.

2-3 kali aku mengacu pada iqro', kemudia aku beralih pada tulisan. Ya, dia kuminta untuk menuliskan huruf-huruf hijjaiyah. Dan sedikit demi sedikit ia bisa. Aaaa😍😍 kenapa aku kembali bersemangat untuk mengajarinya? Karna apa? Dia berkata dengan terbata-bata bahwa ia mau ngaji. Serasa ditampar aku saat itu.

Terimakasih untuk hal yang selalu kalian ajarkan untukku. Love you 💞💞

Tidak ada komentar:

Posting Komentar